Selasa, 25 Mei 2010

tak pernah berharap jadi guru

sekarang aku semester 6 di UNJ jurusan pend.matematika, itu artinya aku di arahkan kedepanya menjadi guru. Ya sebuah profesi yang dulu jarang dilirik orang, termasuk aku,hihihi.... Dulu mah aku ga pernah terbesit untuk jadi guru, apalagi dulu liat guru-guru yang ngajar aku katanya mereka susah hidupnya, kesejahteraanya belum terjamin. Dan di samping itu, melihat tingkah polah teman-teman dulu, rasanya akan sulit jadi guru itu, anaknya nakal-nakal.. huehue...

Tapi ternyata, menjadi guru sekarang adalah bagian dari hidupku.. Satu minggu sebelum SPMB, aku dan kedua orang tuaku sedang berbincang-bincang. Aku pun memulai perbincangan, aku tanyakan pada ibu mengenai cita-citaku sebagai programer komputer. Kemudia ibu menyerahkan semua keputusan masa depanku pada-ku. Bapak berkata lain, ia ingin sekali aku menjadi PNS (pegawai negri sipil) karena menurut beliau, pns itu terjamin kehidupanya sampai hari tua. Aku pun sempat berpikir mengenai hal itu. Memang selain mengambil jurusan komputer, aku juga ingin masuk STAN, karena banyak teman-teman STAN-ku yang sekarang enak hidupnya..

Tak tau bagaimana akhirnya, aku berucap, "Bagaimana kalo mbak wulan jadi guru aja ya bu?" Kayaknya jadi guru itu waktunya lebih fleksibel, jadi bisa mengurus anak dan suami tetapi juga bisa berkerja, begitu bersit di pikiranku. Ibu merespon ucapkanku dengan senyum, ia jadi guru kan enak tuh, kenapa kamu ga coba ambil jurusan guru aja? akhirnnya saat pemilihan di spmb aku ambil pilihan pertamaku di pend.matematika unj dan pilihan ke-2 pend.biologi unj. Oia sebelumnya cita-citaku itu aku mau kuliah tapi jagan sampe ketemu yang namanya FISIKA,, haha... terkabul loh.. di pend matematika aku ga nemuin FISIKA... (asiiik... hihihi)

Saat pengumunan SPMB, malam itu aku malas utnuk pergi ke warnet, aku hanya tidur-iduran di samping ibu sambil kami ngobrol-ngobrol,, kemudian ada sms masuk dari temanku "wulan, no ujian SPMB lo berapa? bls cpet," begitu sms dari temak SMP-ku. aku bales segera, kemudia tidak berapa lama temaku itu menelponku,

Rina: "Lan, pilihan lo apa aja sih?"
Aku: "Pend.math sama pend.biologi"
Rina:"Lan gimana klo lo g masuk saringan SPMB? Lo maunya masuk pa ga?" (pertanyaan bodoh menurutku, hahaha)
Aku: "Ya mungkin bukan yang terbaik di situ kalo ga masuk"
Rina, Dewi, Elna, Ririn: "Lan selamat ya... nama lo ada nih di pengumuman.."
Aku: "Ah, masak sih? besok gue liat sendiri ya, thank u ya semua"

Mulai dari situ aku niatkan bahwa aku akan menjadi seorang guru, meski itu bukan cita-cita-ku dari kecil.. hehe
Dan sekarang aku bahagia bisa dapat kesempatan menjadi calon guru, Trimakasih ya Alloh.. Kau yang telah menuntutku hingga berubah pikiran untuk memelih pend.matematika sebagai jalan pilihanku... (Terharu mode on,hehe)

Dan sekarang aku bisa menabung sedikit-sedikit, membelikan sesuatu untuk bapak dan ibu, membeli keperluan kuliahku sendiri, membeli barang-barang yang aku ingini sendiri, karena mulai dari semester 3 di UNJ aku sudah berkesempatan mengajar privat dari rumah ke rumah.. senangnya bisa mengaplikasikan ilmu sekaligus bekerja.. senangnya mempunyai teman-teman baru dan adik-adik baru yang banyaaak....

1 komentar:

JW TRONIK mengatakan...

Bagussss.....

wait for next story ur live.. ^_^